Rabu, 01 Juni 2011

Pancasila Kita yang Sudah Tua


Kembali lagi di waktu dan acara yang sama, masih bersama Boll, seorang warta berita yang hanya ingin mengucapkan kata kata yang menyejukkan hati dan pikiran Anda, hehehe
(^_^)

Setelah bangun agak kesiangan, saya melihat kalender hari ini. Ternyata sekarang udah membuka lembar yang baru, sekarang sudah tanggal 1 bulan Juni 2011. Saya sangat bersyukur, pastinya di bulan yang baru, saya akan mendapat jatah bulanan dari bapak dan emak saya di kampung. Hehehe, maklumlah anak kost.

Selain itu, ternyata saya juga merasa bahwa hari ini adalah tanggal yang spesial. Suatu hari yang bukan merupakan hari yang biasa. Akhirnya saya membuka google dan bertanya pada Mbah google. Dari situ saya dapatkan informasi bahwa hari ini adalah Hari Lahir Pancasila, sebuah landasan Ideologi Bangsa Kita Bangsa Indonesia.

Sebagai warga negara dan juga penduduk yang bangga akan bangsanya, akhirnya saya memberanikan diri untuk mengevaluasi diri saya serta memberi sedikit tanggapan atas kondisi Indonesia di era sekarang ini. Yaitu suatu era dimana Pancasila sudah mengalami penggerusan makna serta mulai mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Pancasila merupakan dasar negara kita, namun apa yang terjadi sekarang seakan akan menunjukkan bahwa hampir semua rakyat Indonesia tidak mendasarkan apa yang akan dilakukannya kepada Pancasila. Padahal kita tahu sendiri bahwa dasar negara kita adalah salah satu dasar negara yang terbaik di dunia karena mengandung beberapa bagian yang sangat dibutuhkan dalam bernegara, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan juga keadilan.

Ada satu hal yang menjadi pertanyaan dalam diri saya. Kita mengaku orang Indonesia, tapi kita tidak mengenal Pancasila secara baik. Hal itulah yang membuat saya merasa bersalah dengan negeri ini karena saya merupakan bagian dari keadaan itu.

Akhirnya saya hanya bisa memberikan semangat kepada kawan blogger semua. Agar semua perilaku kita dan pemikiran kita selalu berlandaskan nilai nilai Pancasila yang merupakan pedoman hidup Bangsa Indonesia.

Inilah yang harus kita ingat
Pancasila itu bukanlah rumus kode buntut Yang hanya berisikan harapan Yang hanya berisikan khayalan

Iwan Fals - Bangun Putra Putri Ibu Pertiwi

6 komentar:

  1. Dalam sekali posting-an ini. :)
    Sedalam lautan. ^__^

    BalasHapus
  2. Hmmm, sudah 1 juni (Hari Lahir Pancasila), sebentar lagi HLHS..

    BalasHapus
  3. iya mas, saat ini pancasila memang sedang mengalami penggerusan makna, dan garuda hanya sebagai simbol belaka..
    harapan kita semoga warga negara yang mengaku indonesia bisa memaknai pancasila, setidaknya hapal lah dengan ke-lima sila.. hehe..

    BalasHapus
  4. @ Asop : trima kasih bang, semoga kita gak tenggelam di posting ini

    @ Masbro : iya bang, tgl 5 da acara HLHS di TNMB

    @ Anank : Yups, sepakat bro (^_^)

    BalasHapus
  5. padahal di Pancasila itu terlihat jelas, betapa dasar itu tak sembarangan dasar. sayangnya generasi2 muda mungkin hanya hafal tapi lupa pedoman dan prakteknya!

    Salam hangat


    Seru Jadi Guru :)

    BalasHapus
  6. seep,...artikelnya, salam kenal

    BalasHapus