Senin, 30 Mei 2011

Filosofi Menulis


Selamat datang kawan di blog yang berisi cerita spesial dari seorang yang sedang mumet dan sedang dilanda kekeringan kantong. hehehe

Beberapa hari terakhir ini, saya benar benar mengalami fase fase yang membuat saya frustasi sehingga saya akhirnya malas menulis dan juga malas membaca. Akibatnya saudara saya (alias blog ini) menjadi tidak terurus dan tidak saya kasih makan dengan tulisan tulisan saya. Tapi akhirnya saya sudah menemukan kembali habitat saya, yaitu dunia blogger.

Setelah sekian lama saya terdiam, ada sebuah kata yang membuat saya menajdi bingung. Kata itu adalah menulis, saya ingin mengetahui apa makna yang sebenarnya dari kata tulis atau menulis. Bahkan sampai sampai saya mencari makna filosofi dari kata tulis dan kata menulis. Namun apa yang saya cari ternyata tidak saya dapatkan di google dan di beberapa search engine lainnya. Dari beberapa link yang ada ternyata tidak memberikan saya sebuah pencerahan yang baru.

Karena saya benar benar ingin mengetahui makna dari kata tulis atau tulisan. Akhirnya saya mencari sendiri makna tersebut dengan merenung di atas bantal saya. Dan akhirnya saya mendapatkan apa yang saya cari dalam kediaman saya.

Tulis atau menulis, menurut saya adalah sebuah kegiatan yang merupakan suatu bahasa dari kondisi yang ada di sekitar kita yang digunakan sebagai alat atau media komunikasi antar manusia. Definisi tersebut memang rumit, tapi dari definisi tersebut dapat saya ambil kesimpulan bahwa tulisan adalah wujud dari bahasa dan tulisan adalah sebuah media komunikasi. Jadi saya rasa, definisi tersebut sudah sangat tepat untuk definisi dari kata tulisan.

Akhirnya setelah saya mengetahui definisi tersebut. Akhirnya saya dapat mengerti bahwa membuat tulisan itu sangat perlu untuk dilakukan agar kita bisa membahasakan suatu kondisi serta untuk menjalin komunikasi antar sesama. Dan yang pasti suatu bahasa akan menjadi sangat penting untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tulisan adalah bukti dari apa yang kita tahu, karena dengan tulisan, kemampuan kita bisa diukur dan bisa diterjemahkan

6 komentar:

  1. kebahagian dari seorang penulis adalah saat tulisannya itu dibaca orang lain

    BalasHapus
  2. Itu fase yang wajar......tapi fase itu toh harus diakhiri semangat kembali untuk terus berkarya dan menulis. Ayoo!!!

    Salam kenal, Seru jadi Guru :) @erfanonalakiano on twitter

    BalasHapus
  3. Banyak definisi tentang menulis. Saya mau nambahin dikit nih. Menulis adalah media berproses tiada akhir. Salam hangat, tetap semangat...

    BalasHapus
  4. @ wanspeak : iya, aku bahagia sekarang karena sampean udah baca, hehe

    @ erfano : terima kasih, ini api obor udah semangat lagi

    @ mas bro : ayas kangen sam karo sampean, kapan ipok maneh (^_^)

    BalasHapus
  5. Ayo ngopio nang omah (panaongan)..

    BalasHapus
  6. saya juga ingin serius menulis nih :) lam kenal

    BalasHapus