Rabu, 08 Juni 2011

Menikmati kawah gunung Raung




Beberapa hari yang lalu, saya bersama saudara saudara saya di pencinta alam melakukan pendakian happy camp atau yang biasa disebut mbolang. Dan mbolang kali ini, saya dan teman teman menyepakati untuk pergi ke gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 mdpl.

Mengutip sejenak informasi tentang gunung Raung. Gunung Raung berada dalam jajaran Pegunungan Ijen dan termasuk sebagai gunung berapi yang masih aktif dengan tipe stratovolcano, mempunyai kaldera di puncaknya yang berbentuk lingkaran (circular), Kaldera Gunung Raung mempunya dimensi luasan sekitar 750 m x 2,250 m dan masih selalu mengeluarkan asap dan semburan api. Tercatat sejak tahun 1593 telah mengalami letusan sebanyak 57 kali.

Gunung Raung merupakan salah satu gunung favorit bagi pencinta alam di wilayah eks karesidenan Besuki. Hal tersebut dikarenakan Gunung Raung merupakan Gunung yang memiliki tantangan yang cukup berat. Yaitu disana tidak terdapat sumber air. Jadi bekal air yang dibawa itu berasal dari Desa Sumber Wringin, yaitu desa terakhir untuk mendaki Gunung Raung dari Kabupaten Bondowoso.

Gunung Raung memang tidak sepopuler Gunung Rinjani, Tambora, ataupun Semeru. Tapi Gunung Raung tetaplah Gunung yang cukup sulit untuk ditaklukkan. Karena kondisi jalur yang kebanyakan berupa track. Tetapi alhamdulillah, saya bisa mencapai kesana. Ini sedikit foto gunung raung.








10 komentar:

  1. hore... selamat yo pak ketum...

    BalasHapus
  2. Waaaaah, siiiiiiiiiip...........

    BalasHapus
  3. saya baru denger ada Gunung Raung......
    kalau daki-mendaki sih kebetulan bukan kegemaran, tapi saya suka dengan gunung2 di Indonesia :D

    Salam,


    Seru Jadi Guru :D

    BalasHapus
  4. @ mas lozz : nggeh sam, kesok insyaAllah aku nang mbalung mas, malem mingguan

    @ mz rodes : tengkyu mas (^_^)

    @ masbro : sam ojok lali oleh olehe tekan meduro, cewek seng uayu sam

    @ mas erfano : ada kok mas bisa dilihat di peta jawa timur, hehehe

    BalasHapus
  5. follow back donk, aku udh follow. www.hilman-azis.co.cc

    BalasHapus
  6. Sing masalah oleh oleh dari Madura, tas tak woco saiki.. hahhaaa..

    BalasHapus
  7. foto2nya...keren habis deh,..salam kenal

    BalasHapus
  8. Kok belum ada tulisan terbaru Boll? Lagi sibuk ya? Kapan kapan kalo ada waktu maen maenlah ke panaongan, kita nyantai2 sambil ngobrolin hal2 ringan..

    BalasHapus